UMKM : PEMBUATAN KOPIAH ATAU SONGKOK MOTIF BATIK

Header Menu

UMKM : PEMBUATAN KOPIAH ATAU SONGKOK MOTIF BATIK

Rabu, 06 Juli 2022

                                                   Proses Pembuatan Kopiah atau Songkok
                                                                        Motif Songkok

     UMKM adalah salah satu bagian penting dalam perekonomian Indonesia. Apa itu UMKM? UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Pada dasarnya, UMKM adalah usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Keberadaan UMKM di Indonesia sangat diperhitungkan, karena berkontribusi besar pertumbuhan ekonomi.

    Di Desa Kadur ada beberapa Usaha Kecil yang dilakukan oleh masyarakat kadur salah satunya Pembuatan Kopiah atau Songkok dengan berbagai macam motif, motif yang paling menarik yaitu motif batik merupakan motif dengan memberikan kesan budaya nasional yang terkenal dengan batiknya.

    Usaha ini gagas oleh seorang pemuda yang bernama ABD HANNAN yang bertempat tinggal di dusun Daleman  Desa Kadur Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan, beliau merintis usaha mulai tahun 2021 yang didukung oleh pemerintah kabupaten pamekasan dengan memberikan pelatihan wirausaha, beliau juga memasarkan hasil karyanya ke wilayah usaha yang ada di kabupaten pamekasan.